Cara Shalat Tahajud Serta Manfaat Besarnya, Lakukan Setiap Malam

×

Cara Shalat Tahajud Serta Manfaat Besarnya, Lakukan Setiap Malam

Bagikan berita
Cara Shalat Tahajud Serta Manfaat Besarnya, Lakukan Setiap Malam
Cara Shalat Tahajud Serta Manfaat Besarnya, Lakukan Setiap Malam

Artinya : Saya sengaja shalat sunnah tahajud dua rakaat kepada Allah.3. Sholat Tahajud

Umat Islam yang telah menyelesaikan Sholat Tahajud dianjurkan untuk membaca doa kepada Allah SWT. Doa bisa menjadi permohonan harapan atau pengampunan.Sementara itu, Rasulullah SAW membacakan doa-doa tertentu setelah setiap sholat Tahajud sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari di bawah ini.

Artinya: "[...] Ibnu Abbas berkata: 'Jika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tahajjud di malam hari, ia mengatakan: 'Allaahuma Lakal Hamdu, Anta Nuurussamawaati wal Ardli, Walakal Hamdu Anta Qoyyimussawaati wal Ardli, Walakal Hamdu Anta Rabbussamaawaati wal Ardli Fiihinna, Antal Haqqu, Wawa'dukal Haqq, Waqoulukal Haqq, Waliqoo'ukal Haqq, Waljannatu Haqq, Wannaaru Haqq, Wannabiyuun Haqq, Wassaa'atu Haqq, Alloohumma Laakhassaa mama Wamatuaqassaaman Wama Asrartu Wamaa.Arti doa Nabi adalah: "Ya Allah, penuh pujian bagi-Mu, Engkau adalah cahaya langit dan bumi, Mu. Segala puji bagi-Mu, Engkau penjaga langit dan bumi, dan segala puji bagi-Mu; benar, perjumpaan dengan Anda adalah benar, Surga Anda adalah benar, Neraka Anda adalah kebenaran yang benar, para nabi adalah kebenaran dan Hari Kiamat adalah kebenaran. Ya Allah, aku tunduk kepada-Mu, aku percaya kepada-Mu, aku percaya kepada-Mu, aku bersandar pada-Mu, karena-Mu, aku musuh dan aku mencari penghakiman, maka ampunilah apa yang telah saya lakukan dan apa yang telah saya lakukan. selesai. dilakukan, apa yang telah saya lakukan secara sembunyi-sembunyi dan apa yang telah saya lakukan secara terang-terangan, Engkau Tuhanku, tidak ada penyembah yang benar selain Engkau.

1. Amalan akan membantu nanti, amalan akan membantu nanti Dalam surah Az-Zariyat ayat 15-18 disebutkan bahwa orang yang selalu melaksanakan shalat tahajud, insya Allah akan menerima pahala yang diberikan Allah ketika mereka mengerjakannya. akhirat, orang-orang saleh berada di taman surga dan di mata air, sambil mengambil apa yang diberikan Allah SWT kepada mereka, berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang tidur sedikit di malam hari dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah . (QS. Az Zaries: 15-18).2. Menjaga kesehatan rohani

Manfaat shalat tahajud selanjutnya adalah menjaga kesehatan rohani. Jika Anda rutin melakukan kegiatan ibadah terpenting di malam hari, tentunya ada keistimewaan yang bisa Anda dapatkan, salah satunya adalah kesehatan rohani agar tetap terjaga.Hal ini telah ditegaskan dengan jelas oleh Allah SWT yang berfirman bahwa orang yang selalu shalat tahajud akan selalu memiliki sifat rendah hati dan ramah serta mencerminkan ketenangan pikiran dalam kehidupan sehari-hari.

Allah SWT berfirman,Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih (adalah) orang-orang yang rendah hati berjalan di muka bumi, dan ketika orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. -Furqan: 63-6)

3. Sholat dikabulkanManfaat sholat tahajud selanjutnya adalah doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Apalagi jika seseorang melakukannya di waktu yang paling penting, yaitu pada sepertiga malam terakhir.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:Tuhan kami Tabaraka wa Ta'ala turun ke langit dunia setiap malam saat masih sepertiga malam terakhir, kemudian Dia berfirman: 'Barangsiapa yang meminta ampunanmu Aku, I. Aku pasti akan memaafkan. Siapa pun yang meminta saya (sesuatu), saya pasti akan memberikannya. Dan siapa yang berdoa kepada-Ku, pasti akan saya kabulkan.' (HR. Bukhari).

4. Kebiasaan orang shalehSholat Tahajud adalah kebiasaan orang shaleh. Tentu saja, orang-orang saleh ini tahu bagaimana melakukan shalat tahajud dan manfaat luar biasa dari shalat tahajud bagi diri mereka sendiri. Jadi jika Anda juga melakukan ibadah ini secara rutin, Anda juga termasuk orang yang bertakwa.

"Biasakan shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum Anda, mendekatkan Anda kepada Tuhan, menghapus dosa, menghilangkan penyakit, dan mencegah dosa." (JAM. Ahmad).5. Penolakan penyakit

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini