Niat Mandi Wajib Serta Aplikasinya

×

Niat Mandi Wajib Serta Aplikasinya

Bagikan berita
Niat Mandi Wajib Serta Aplikasinya
Niat Mandi Wajib Serta Aplikasinya

Tata cara mandi wajib ini perlu dilakukan sesuai dengan urutan agar kegiatan mandi wajib yang dilakukan sesuai syariat Islam.Berikut tata cara mandi wajib yang perlu diketahui:

1. Membaca Niat2. Meratakan Air ke Seluruh Tubuh

Adab Mandi WajibAda beberapa adab mndi wajib Yang mana hukumnya hukumnya sunnah, yaitu akan memberikan kebaikan jika dilakukan, dan tidak menimbulkan dosa ketika tidak dilakukan.

Berikut beberapa adab mandi wajib menurut Imam al-Ghazali:1. Masuk kamar mandi lalu mengambil air untuk dibasuhkan ke tangan terlebih dahulu sebanyak 3 kali.

2. Membersihkan segala kotoran atau najis yang masih menempel pada badan.3. Mengambil air wudhu seperti wudhu yang dilakukan ketika hendak sholat, termasuk dengan bacaan doanya.

4. Akhiri wudhu dengan menyiram kedua kaki.5. Mulai mandi janabah atau mandi wajib dengan mengguyur kepala sampai 3 kali disertai dengan membaca niat untuk menghilangkan hadast.

6. Selanjutnya guyur bagian badan sebelah kanan hingga 3 kali, dilanjutkan dengan badan bagian kiri 3 kali.7. Menggosok tubuh bagian depan, belakang sebanyak 3 kali.

8. Menyela dan membersihkan rambut dan jenggot.9. Pastikan air mengalir di bagian lipatan tubuh dan pangkal rambut.

10. Sebaiknya hindari tangan menyentuh kemaluan, jika tidak sengaja menyentuh maka bisa berwudhu lagi.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini