TV Analog Segera Matikan, Negara Tetangga Sudah Lama Migrasi Ke Digital

×

TV Analog Segera Matikan, Negara Tetangga Sudah Lama Migrasi Ke Digital

Bagikan berita
Pematero Diskusi Webinar Sabtu 26 November
Pematero Diskusi Webinar Sabtu 26 November

Dari segi layanan kualitasnya 72,4 persen sudah menikmati kualitasnya, 21,9 persen lainnya mengaku belum menikmati, dan 5,7 persen mengaku gambar dan suaranya lebih buruk.Pertanyaan, 1. Rizkiani Pramuningtyas, ASO menggunakan frekuensi sinyal, kalau frekuensi sinyal di pelosok atau darega yang susah dijangkau apakah masuk ke ASO itu sendiri? Atau nanti aka nada alat-alat lain selain STB untuk memperlancar siaran TV agara jelas? Mengingat banyak yang memakai alat tersebut.

Jawaban: Dr. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si (Staff Khusus Menkomimnfo), untuk wilayah pelosok bahkan yang saat ini yang tidak bisa menangkap sinyal TV analog, justru dengan menggunakan TV digital ini sekarang masyarakat bisa mengaksesnya, karena sudah dibangun infrastruktur digital yang di support oleh pemerintah kominfo. Maka sekarang yang di daerah pelosok yang tadinya menggunakan parabola sudah bisa menikmati TV digital. Dan masyarakat harus tetap menggunakan STB.2. Nama: Herman Hermawan, banyak orang yang tunggal di daerah yang sinyal digital tidak tersedia atau lemah. Bagaimana komitmen pemerintah dan pihak terkait lainnya dalam mengatasi ini dengan baik dalam penmgadaan sarana dan prasarana sinyal TV digital agar bisa merata dirasakan oleh seluruh rakyat diseluruh wilayah Indonesia?

Jawaban: Dr. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si (Staff Khusus Menkomimnfo)Saya kira pertanyaannya sama dengan yang tadi, dimana pemerintah sudah menyiapkan infrastruktur sebelum adanya ASO ini. Sehingga saat ini sebagian besar sudah selesai dan sebagian lagi sedang proses, dan 222 kota kabupaten sudah selesai STB Nya, dan yang lainnya tinggal menunggu untuk pindah ke TV digital.

Closing Statment, Yohan Wahyu Irianto, S.Sos., M.IP (Peneliti Litbang Kompas), tentu kita tidak bisa melawan pekembangan teknologi, yang jelas kita juga beruntung dimana pemerintah juga bisa mendapmingi kita dalam proses migrasi dari TV analog ke TV digital, mari kita manfaatkan bersama dan dukung pemerintah agar program ini menjadi suskses, sehingga kita tidak ditinggalkna oleh teknologi dan kita dapat meningkatkan perkembangan teknologi kita.Dr. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si (Staff Khusus Menkomimnfo), saya ingin menyampaikan terima kasih kepada ibu Christin untuk kerjasamanya DPR dan kominfo dalam menyelenggarakan sosialisasi ASO ini kepada masyarakat. Dan juga kepada bapak Yohan dalam penelitiannya luar biasa sekali, dalam hasil survey ini, penelitiannya akan kami jadikan rujukan untuk mempercepat komuniksi publik kita. Dan kepada para peserta mohon informasi kali ini bisa disampaikan kepada masyarakat, keluaraga, tentangga dan sosial media kita masing-masing.

(wan)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini