Pro Kontra Ridwan Kamil Perbanyak Bangun Masjid Ketimbang Infrastruktur Lainnya, Begini Klarifikasinya

×

Pro Kontra Ridwan Kamil Perbanyak Bangun Masjid Ketimbang Infrastruktur Lainnya, Begini Klarifikasinya

Bagikan berita
Pro kontra ridwan kamil perbanyak bangun masjid ketimbang infrastruktur lain
Pro kontra ridwan kamil perbanyak bangun masjid ketimbang infrastruktur lain

Kabupaten Bandung Barat Masjid Al Irsyad berada di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 2009, lalu rampung pada tahun 2010. Salah satu daya tarik Masjid Al- Irsyad yakni batu bulat berukir lafaz Allah SWT di tengah kolam.Masjid dengan kapasitas hingga 1.500 jemaah ini dibangun di lahan seluas satu hektar, dengan desain tanpa kubah dan bentuknya kotak. Ridwan Kamil mendesain masjid ini dengan konsep kaya akan sinar matahari.

2. Masjid Al-MumtadzKabupaten Bandung Masjid Al-Mumtadz di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Penamaan Masjid Al-Mumtadz oleh Ridwan Kamil didedikasikan untuk mendiang putranya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril). Lokasi makam Eril berdampingan dengan masjid sehingga bukan di dalam, melainkan terpisah dari kawasan masjid. Nama Al-Mumtadz bermakna masjid yang paling baik.

3. Masjid Raya Asmaul HusnaTangerang Lihat Foto Masjid Asmaul Husna di Gading Serpong, Kelapa Dua, Tangerang. Masjid Raya Asmaul Husna berada di tengah kompleks Gading Serpong, tepatnya ada di Jalan Raya Kelapa Dua Nomor 31, Kabupaten Tangerang, Banten.

Masjid rancangan Ridwan Kamil ini dibangun pada 2011 dan rampung pada 2013. Ramai Orang dan Jalanan Macet Salah satu daya tarik arsitektur Masjid Raya Asmaul Husna ada di kaligrafi yang menghiasai dinding masjid. Adapun Masjid Asmaul Husna dirancang oleh Kang Emil sebelum menjabat sebagai Wali Kota Bandung.4. Masjid Al-Safar

Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi. Masjid Al Safar merupakan masjid rancangan Ridwan Kamil yang diresmikan pada 2016. Lokasinya berada di kawasan rest area KM 88 Tol Purbaleunyi. Masjid Al Safar punya desain unik karena berbentuk seperti lipatan origami.Masjid dengan kapasitas 1.200 jemaah ini juga sempat masuk ke dalam nominasi Abdullah Al-Fozam Award, yaitu ajang penghargaan yang menampilkan desain dan karya masjid di negara-negara berpenduduk muslim dunia.

5. Masjid Raya Al-Azhar Summarecon, Bekasi Desain Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi rancangan Ridwan Kamil ini terinspirasi dari bangunan Ka'bah di Baitullah Mekah. Masjid ini dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 3.000 meter persegi dengan luas total bangunan sekitar 1.320 meter persegi.

Terdiri dari dua lantai, tempat ibadah ini dapat menampung hingga 1.200 jemaah. Apabila ingin berkunjung ke Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi, lokasinya berada di Jalan Bulevar Utara Blok L, Summarecon Bekasi Utara, Jawa Barat.6. Masjid Jami'e Darussalam, Tanah Abang

Masjid Jami'e Darussalam berlokasi di Jalan Kebon Melati, Tanah Abang Jakarta Pusat. Masjid ini kerap disebut sebagai Masjid Segitiga Tanah Abang karena bangunanya berbentuk segitiga. Baca juga: Megahnya Payung Raksasa Masjid Baiturrahman Aceh, Buka Lengkap Setiap Jumat Ruangan utama masjid ini ada di bagian atas, lengkap dengan mimbar dan dinding yang dihias kaligrafi.Masjid Jami'e Darussalam ini dirancang oleh Ridwan Kamil bersama Urbane, biro arsitektur yang ia dirikan bersama rekan-rekannya pada 2012.

7. Masjid Al-Kamil, Kabupaten SumedangMasjid Al-Kamil di kawasan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang. Masjid Al-Kamil berlokasi di daerah Jemah, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Desain masjid rancangan Ridwan Kamil ini nampak unik karena bentuknya serupa bunga teratai mekar. Baca juga: 10 Masjid Megah di Indonesia Selain Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

8. Masjid Baiturrahman, YogyakartaMasjid Baiturrahman rancangan Ridwan Kamil ini berlokasi di Dusun Kopeng, Merapi, Sleman, Yogyakarta. Desain masjid ini tidak memiliki bagian kubah layaknya masjid pada umumnya di Indonesia.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini