Subuh Mubarak di Universitas Negeri Padang Pagi Ini, Bencana dalam Ideologi Islam

×

Subuh Mubarak di Universitas Negeri Padang Pagi Ini, Bencana dalam Ideologi Islam

Bagikan berita
Subuh Mubarak di Universitas Negeri Padang Pagi Ini, Bencana dalam Ideologi Islam
Subuh Mubarak di Universitas Negeri Padang Pagi Ini, Bencana dalam Ideologi Islam

KUPASONLINE.COM - Untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah, mari kita selalu melakukan kegiatan Subuh Mubarak dan introspeksi diri kita atas musibah yang terjadi. Universitas Negeri Padang juga menggelar konser amal, muhasabah, dan doa untuk masyarakat Sumatera Barat dalam dua hari ini.

Ini adalah apa yang dikatakan oleh Prof. Ganefri, Rektor Universitas Negeri Padang, dalam sambutannya pada kegiatan Subuh Mubarak, yang diadakan secara pribadi di Masjid Raya Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar Padang dan secara online melalui pertemuan Zoom. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Padang menyelenggarakan kegiatan Subuh Mubarak pada Jumat pagi ini.

Kegiatan Subuh Mubarak yang diselenggarakan setiap Jumat pagi dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Kepala Lembaga, Kepala Biro, Kepala UPT, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Departemen, Koordinator Program Studi, dosen, tenaga kependidikan dan sivitas akademika Universitas Negeri Padang.

Dalam sambutannya, Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ustaz Ustaz Prof. Dr. Zefrizal Nurdin, S.H., M.H. dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas yang telah bersedia sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubarak bertempat di Masjid Raya Al-Azhar Kampus UNP Air Tawar Padang.

Ustaz Prof. Dr. Zefrizal Nurdin, S.H., M.H. dalam ceramahnya dengan topik "Bencana dalam Konsep Islam" menyampaikan dan mengajak mahasiswa untuk bertamasyalah hati dan pikiran ke dalam Alquran serta memahami isinya melalui terjemahannya.

"Dalam Alquran sesungguhnya bencana ada dua kemungkinan.Bencana sebagai azab atau hukuman dan bencana dapat pula sebagai ujian atau cobaan," Ustaz Prof. Dr. Zefrizal Nurdin, S.H., M.H.

Dengan demikian kata Ustaz Prof. Dr. Zefrizal Nurdin, S.H., M.H., untuk melihat banyaknya bencana di suatu daerah, maka seharusnya masyarakat melakukan introspeksi diri terhadap apa yang terjadi di masyarakat tersebut.

Lebih lanjut Ustaz Prof. Dr. Zefrizal Nurdin, S.H., M.H. menyampaikan bahwa ketika terjadi bencana yang berulang di suatu daerah, janganlah selalu mengatakan bahwa bencana itu datangnya dari Allah, tetapi harus melakukan introspeksi diri atas perilaku selama ini.

"Bacalah Alquran dan pahamilah atau pelajarilah isi Alquran dengan sebaik-sebaiknya dengan penuh kehati-hatian," tambah Ustaz Prof. Dr. Zefrizal Nurdin, S.H., M.H.(*)

Baca berita lainnya seputar UNP di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini