Pro Kontra Ridwan Kamil Perbanyak Bangun Masjid Ketimbang Infrastruktur Lainnya, Begini Klarifikasinya

×

Pro Kontra Ridwan Kamil Perbanyak Bangun Masjid Ketimbang Infrastruktur Lainnya, Begini Klarifikasinya

Bagikan berita
Pro kontra ridwan kamil perbanyak bangun masjid ketimbang infrastruktur lain
Pro kontra ridwan kamil perbanyak bangun masjid ketimbang infrastruktur lain

Konsep bangunan masjid ini mengusung permainan bayangan dengan menciptakan banyak bukaan kecil di bagian dinding dan atap masjid. Bagian bukaan masjid dibuat menggunakan susunan bata yang membentuk kaligrafi lafaz Allah. Masjid ini berada di kawasan kaki gunung sehingga suhu bagian dalam masjid cenderung lebih rendah. Guna menjaga agar temperatur di dalam masjid tidak bertambah dingin, bagian bukaan di dinding masjid ditutupi dengan kaca.Masjid ini dibangun setinggi empat lantai dengan luas sekitar 250 meter persegi. Saat ini Masjid Baiturrahman dijadikan sebagai sarana ibadah dan pusat pendidikan agama Islam untuk anak-anak.

9. Masjid Kubah 99 Asmaul HusnaKota Makassar Masjid Kubah 99 Asmaul Husna yang berlokasi di kawasan reklamasi Center Point Indonesia (CPI), Makassar bakal mulai dimanfaatkan untuk masyarakat muslim melaksanakan ibadah perdana, Sabtu besok, (12/3/2022).

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna dikelilingi oleh kubah yang berjumlah 99. Lokasi masjid ini cukup strategis karena berada di kawasan reklamasi Pantai Losari, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Luas bangunan masjid ini yakni 72 x 45 meter persegi, dan terdiri dari tiga area, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (23/4/2022).Area pertama yaitu ruangan shalat dengan kapasitas sekitar 3.880 jemaah, sedangkan area kedua yaitu ruangan mezzanine dengan kapasitas 1.005 jemaah, serta area pelataran suci dengan kapasitas 8.190 jemaah. Tempat ibadah sekaligus wisata religi ini punya spot foto yang bagus saat matahari terbenam.

10. Masjid Syaikh Ajlin, PalestinaRidwan Kamil tidak hanya mendesain masjid yang dibangun di Indonesia, tetapi juga di Gaza, Palestina, bernama Masjid Syaikh' Ajlin. Bangunan masjid ini didominasi oleh warna putih,

Secara filosofis, menara masjid ini menunjukkan hubungan dengan Allah, sedangkan kedua bangunan lainnya menunjukkan hubungan dengan manusia dan alam. Masjid Syaikh' Ajlin terdiri dari tiga lantai yang tidak hanya difungsikan sebagai rumah ibadah, tetapi juga sebagai pusat pendidikan bagi para penghafal Al-Quran. 

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini