Cara Menghilangkan Wasir atau Ambeien yang Sudah Menjulur Secara Alami tanpa Harus Operasi

×

Cara Menghilangkan Wasir atau Ambeien yang Sudah Menjulur Secara Alami tanpa Harus Operasi

Bagikan berita
Foto Cara Menghilangkan Wasir atau Ambeien yang Sudah Menjulur Secara Alami tanpa Harus Operasi
Foto Cara Menghilangkan Wasir atau Ambeien yang Sudah Menjulur Secara Alami tanpa Harus Operasi

5. Kompres es batuCara lain yang juga efektif untuk meredakan nyeri dan pembengkakan pada ambeien adalah mengompres dengan es batu. Caranya mudah, bungkus es terlebih dahulu dengan kain bersih, lalu kompreslah bagian anus yang terasa sakit selama 15 menit.

Selain dengan beberapa perawatan di atas, ambeien juga perlu diatasi dan dicegah agar tidak kumat kembali dengan cara menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan berserat dan melakukan olahraga secara teratur.Meski obat alami ambeien tergolong aman, namun sejauh ini belum banyak penelitian yang dapat memastikan efek samping dan seberapa efektif penggunaan obat-obat alami ambeien tersebut.

Obat-obatan Alami untuk Mengatasi AmbeienSelain mengubah gaya hidup, Anda juga bisa mencoba pengobatan alami untuk menangani ambeien. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk meringankan wasir adalah:

1. Daun unguDaun ungu (Graptophyllum pictum) dipercaya dapat mengobati dan mencegah wasir. Ini dikarenakan daun ungu mengandung zat antiradang dan antimikroba. Tidak hanya itu, daun ungu juga diklaim memiliki efek samping yang minim. Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan tingkat efektivitas bahan alami ini dalam pengobatan wasir.

2. Citrus bioflavonoidCitrus bioflavonoid juga bisa dijadikan bahan alami lain untuk mengobati sekaligus mencegah wasir. Hal ini dikarenakan citrus bioflavonoid memiliki sifat antiradang yang dapat mencegah gejala wasir semakin memburuk. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan, penggunaan bioflavonoid mampu meringankan gejala wasir, yaitu dengan menghilangkan rasa nyeri dan gatal pada wasir, serta menurunkan risiko perdarahan. Meski begitu, klaim manfaat citrus bioflavonoid untuk mengatasi wasir masih perlu dikaji lebih lanjut.(*)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini