Erupsi Gunung Marapi Picu Kenaikan Harga Sayur-mayur di Kota Padang Panjang

×

Erupsi Gunung Marapi Picu Kenaikan Harga Sayur-mayur di Kota Padang Panjang

Bagikan berita
Ilustrasi Sayur Mayur yang di jual di pasar. (Foto: Dok istimewa)
Ilustrasi Sayur Mayur yang di jual di pasar. (Foto: Dok istimewa)

KUPASONLINE.COM - Erupsi Gunung Marapi mengakibatkan kenaikan harga sayur-mayur di Kota Padang Panjang. Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Padang Panjang, Ade Nafrita Anas, mengungkapkan bahwa kenaikan harga terjadi pada beberapa komoditas, seperti sawi bola naik 62,50 persen menjadi Rp5.000, buncis naik 20 persen, dan wortel naik 22,22 persen.Ade Nafrita Anas menyampaikan bahwa tomat juga terdampak, dengan hanya 30 persen yang bisa dipanen dengan baik. Cabai umumnya terdampak terhadap pembibitan.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya telah melakukan penyuluhan kepada masyarakat terkait abu vulkanik yang dapat mempengaruhi pertanian.Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdako, Putra Dewangga, menyebutkan bahwa Indeks Perkembangan Harga (IPH) Padang Panjang pada minggu kedua Januari 2024 berada di angka -1,822 atau berfluktuasi rendah.

Komoditi utama yang berkontribusi terhadap fluktuasi tersebut adalah cabai merah, susu bubuk, dan gula pasir, semuanya mengalami penurunan.Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tomsi Tohir Balawa menekankan fokus pada kenaikan harga dan upaya mengantisipasinya dalam rakor pengendalian inflasi.

IPH bahan pangan pada minggu kedua Januari ini menunjukkan kenaikan pada tiga komoditas, yaitu bawang merah, bawang putih, dan daging ayam ras.Upaya intensif diperlukan untuk mengatasi kenaikan harga ini guna melindungi kestabilan ekonomi dan kebutuhan pokok masyarakat. (*)

  

 

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini