Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Pesisir Selatan Satu-satunya di Sumbar

×

Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Pesisir Selatan Satu-satunya di Sumbar

Bagikan berita
Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Pesisir Selatan Satu-satunya Di Sumbar
Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Pesisir Selatan Satu-satunya Di Sumbar

KUPASONLINE.COM - Selasa, 30 April 2024, Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rusma Yul Anwar dan Mawardi Roska, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, meresmikan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) di Rawang Painan.

Ketua Tim Penggerak PKK Pessel, Yusneti Rusma Yul Anwar, Kepala Koperasi UKM Sumbar, yang diwakili oleh Koordinator Pusat Pelayanan Usaha Terpadu Sumbar, Nico Primadona, Kepala Dinas Koperasi UKMK Pessel, Yandes, Kabid Koperasi, Weldewita, dan para kepala perangkat daerah lainnya, Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan, Helfiyanrika, Forkopimda, camat se Pessel, dan tamu undangan lainnya hadir dalam acara tersebut.

Mawardi Roska, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peresmian gedung PLUT tersebut sebenarnya sudah direncanakan sebelumnya pada tanggal 8 Maret 2024 lalu.

"Karena Pesisir Selatan dilanda bencana banjir dan tanah longsor pada tanggal yang direncanakan itu, sehingga peresmiannya baru bisa kita laksanakan saat ini. Namun karena ada tugas yang tidak bisa diwakilkan di Padang, sehingga bapak bupati tidak bisa hadir saat ini," ucapnya.

Mawardi menjelaskan bahwa kebutuhan permintaannya mencapai 2 ribu ton.

"Karena sangat besar, sehingga Sumbar belum mampu untuk menjawab peluang tersebut. Makanya melalui keberadaan PLUT ini kita berharap bisa untuk menjawab peluang tersebut," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan agar pelaku UMKM bisa menjamin ke halallan produk-produk makanan atau kuliner yang ditawarkan.

"Sebab ini sangat penting dalam memberikan jaminan terhadap konsumen. Karena semuanya terpadu di gedung ini, maka semua prosesnya malai dari hulu sampai ke hilir bisa diselesaikan di sini. Termasuk juga masalah perizinan dan juga dalam mendapatkan sertifikat halal tersebut," ujarnya.

Dia berharap keberadaan gedung PLUT UMKM tersebut benar-benar bisa menggairahkan perekonomian para pelaku usaha yang ada secara terpadu di daerah itu.

"Saya berharap melalui keberadaan PLUT ini Pessel bisa menangkap peluang-peluang usaha yang bisa mengangkat UMKM yang ada di Pessel. Salah satunya dalam menjawab tawaran permintaan rendang untuk kebutuhan para jamaah haji," katanya .

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini