Puluhan KK Tidak Memiliki Water Closet (WC), Warga Barru BAB di Pantai

×

Puluhan KK Tidak Memiliki Water Closet (WC), Warga Barru BAB di Pantai

Bagikan berita
Lurah Sumpang Minangae, Kabupaten Barru Sulsel
Lurah Sumpang Minangae, Kabupaten Barru Sulsel

KUPASONLINE.COM - Di Kelurahan Sumpang Minangae, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, ada 48 Kartu Keluarga (KK) yang tidak memiliki Kamar Mandi Air (WC), dan beberapa di antaranya sudah rusak.

Menurut data Rukun Warga (RW), ada 5 RW di Kelurahan Sumpang Minangae. Namun, tidak ada WC air di Kabupaten Barru.

Ini disampaikan oleh Lurah Sumpang Minangae Badaruddin, S.Sos, kepada wartawan pada Senin, 7 Mei 2024, di kantornya di Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

"Benar ada 48 Kartu Keluarga (KK) tidak memiliki WC, semuanya sudah kami data melalui Rukun Warga (RW) atas permintaan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR),"ucap Badaruddin.

Untuk saat ini ada sekitar 17 KK yang sudah terverifikasi oleh dinas PUPR.

"Adapun syarat mendapatkan bantuan dari Dinas PUPR untuk pembangunan WC, harus rumah berdekatan dengan jalan besar, karna untuk mempermudah di sedok ketika bak WC sudah penuh,"jelas Lurah Sumpang minangae di ruang kerjanya saat di temui wartawan.

Sementara salah satu warga Sumpang minangae yang tidak jauh kediaman dari bibir Pantai mengeluhkan warga yang sering Buang Air Besar (BAB) di bibir pantai.

"Ada sebagian warga yang sering buang air besar di Pantai pada saat subuh, sehingga baunya sampai di rumah, ini akibat masih banyaknya warga belum memiliki WC,"keluh salah satu warga yang tidak mau disebut namanya.

Lanjut warga, ini harus diperhatikan oleh pemerintah apalagi daerah ini adalah dua tempat wisata berdekatan yaitu Pantai Sumpang Minangae, dan Ujung Batu merupakan salah satu icon kota Barru. ramai dikunjungi wisatawan dan warga sekitar.(*)

Baca berita selengkapnya tentang Sulawesi Selatan lainnya di Google News

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini