Banjir dan Longsor di Payakumbuh, Tidak Mengancam Kehidupan dan Penghidupan Masyarakat

×

Banjir dan Longsor di Payakumbuh, Tidak Mengancam Kehidupan dan Penghidupan Masyarakat

Bagikan berita
Foto banjir dan longsor di Payakumbuh, Tidak Mengancam Kehidupan dan Penghidupan Masyarakat, Minggu kemaren.
Foto banjir dan longsor di Payakumbuh, Tidak Mengancam Kehidupan dan Penghidupan Masyarakat, Minggu kemaren.

KUPASONLINE.COM - Bencana alam banjir dan longsor terjadi di Payakumbuh, Sumatera Barat, sejak Minggu 12 Mei 2024 sekitar pukul 21.00 Wib. Esok harinya, bencana telah selesai, dan kehidupan masyarakat kembali normal.

Di Payakumbuh, Rabu 15 Mei 2024, Jasman Dt. Bandaro Bendang menyampaikan hal ini kepada sejumlah wartawan. Dimulai dengan laporan masyarakat, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta anggota Forkopimda, menindaklanjuti insiden tersebut.

Sekarang sedang dibuat rekapitulasinya dan dilaporkan ke Badan Nasional Penanggulagan Bencana (BNPB). Kemudian juga tidak ada korban. Dan tidak mengancam kehidupan dan penghidupan masyarakat.

Pada hari Minggu itu, lokasi dan tempat kejadian, di kecamatan Payakumbuh Selatan,

kelurahan Padang Karambia Bukik Kuburan Cino menuju TPA Regional, saat itu curah hujan cukup tinggi sehingga terjadi longsor.

Akibat yang ditimbulkan menutup akses jalan, dari peninjauan lapangan kemaren, diperkirakan tidak ada kerugian. Kemudian tidak ada pula bangunan disekitar lokasi yang rusak.

"Upaya yang dilakukan, tim BPBD kota Payakumbuh turun langsung ke lokasi

longsor didampingi Kalaksa BPBD dan OPD terkait untuk membersihkan material longsor yang menghambat akses jalan,"papar Jasman.

Hingga saat ini pemantauan tim BPBD kota Payakumbuh, air telah naik melebihi kapasitas penampungan, nyaris melanda 5 kecamatan di Payakumbuh itu sudah kembali normal.

"Curah hujan yang cukup tinggi, sejak Senen malam hingga kini, warga yang mengungsi, korban jiwa dan luka-luka, alhamdulillah nihil. Meskipun demikian, diimbau kepada seluruh elemen masyarakat tetap waspada,"pesan Jasman.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini