Digaji Rp20 Juta Setiap Bulan Tanpa Kerja? Berikut Cara Menghasilkan Uangnya

×

Digaji Rp20 Juta Setiap Bulan Tanpa Kerja? Berikut Cara Menghasilkan Uangnya

Bagikan berita
Ilustrasi menghasilkan uang dari internet. (Foto: Youtube Saham Dari Nol)
Ilustrasi menghasilkan uang dari internet. (Foto: Youtube Saham Dari Nol)

Nah, keuntungan dari bisnis yang dibagikan kepada para pemilik perusahaannya disebut sebagai Dividen."Mari kita hitung berapa sih Dividen yang diterima tiap pemegang 1 lembar saham Bank BRI di tahun 2022? Caranya gampang, total Dividen yang akan dibagikan, dalam hal ini 43,494 triliun, dibagi total lembar saham beredar yaitu 151 miliar lembar hasilnya adalah kurang lebih 288.2214 rupiah per lembar," jelasnya.

Jadi semakin banyak lembar saham yang kalian punya, akan semakin besar juga Dividen yang akan diterima.Sekarang, kalau kalian mau mendapatkan Dividen 20 juta sebulan alias 240 juta setahu. Kalian butuh berapa lembar saham Bank BRI?

"Dari 240 juta rupiah dibagi dengan dividen per lembarnya yaitu Rp288,2214 hasilnya adalah kalian butuh sekitar 832.700 lembar saham Bank BRI, jadi ada ujungnya ya," katanya.

"Ada targetnya kita harus ngumpulin saham sampe seberapa banyak. Kalau hari ini lo udah punya 2 lot alias 200 lembar, berarti 'tinggal' 832.500 lembar saham lagi," lanjutnya menjelaskan.

Cara Membeli Saham Perusahaan

Saham merupakan tanda kepemilikan atau bagian modal dari sebuah perusahaan. Pemegang saham memiliki hak untuk menerima dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya. Saham termasuk dalam instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi.Dengan adanya perkembangan digital, investasi saham semakin mudah dilakukan. Tidak ada persyaratan khusus untuk berinvestasi saham. Ini berarti siapa pun dapat melakukannya asalkan mereka memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Berikut langkah-langkah membeli saham perusahaan yang dikutip dari Snips.stockbit.com.1. Memilih Perusahaan Sekuritas

Sebagai pemula dalam membeli saham, langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih perusahaan sekuritas tempat Anda akan melakukan transaksi saham. Perusahaan sekuritas berperan sebagai perantara dalam jual beli saham dan membantu proses pembukaan rekening di Bursa Efek Indonesia (BEI).Sebelum memutuskan, penting untuk memastikan legalitas perusahaan sekuritas tersebut, yaitu dengan memastikan bahwa perusahaan tersebut terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, perhatikan juga beberapa hal lain dari perusahaan tersebut, termasuk biaya-biaya lain yang perlu Anda keluarkan.

Saat ini, terdapat 122 Perusahaan Sekuritas yang terdaftar di OJK per Oktober 2022. Anda dapat memeriksa dan memilih perusahaan tersebut di sana. Jika Anda masih bingung, disarankan untuk membaca panduan tentang cara memilih perusahaan sekuritas yang baik terlebih dahulu.2. Buka Rekening Dana Nasabah

Rekening dana nasabah (RDN) adalah rekening yang dimiliki oleh para investor untuk melakukan transaksi jual-beli di pasar modal. Proses registrasi RDN dilakukan melalui perusahaan sekuritas.Terdapat beberapa tahapan dalam membuka RDN, yang pertama adalah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Bagi Warga Negara Indonesia (WNI), dokumen yang diperlukan antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Sedangkan bagi Warga Negara Asing (WNA), dokumen yang diperlukan adalah Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) dan paspor.

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini