BPJS KETENAGAKERJAAN


Cara Ampuh Hilangkan Kantong Mata dan Lingkaran Hitam


Kupasonline -- Munculnya kantong mata atau biasa disebut dengan mata panda dapat menurunkan rasa percaya diri. Kantong mata biasanya membentuk kerutan atau kantung hitam pada mata yang akan membuat wajah nampak lesu, kurang bertenaga, seperti tidak merawat diri.

Penyebab munculnya kantong mata ternyata tidak hanya karena kurang tidur. Kantong mata bisa juga muncul akibat konsumsi alkohol yang berlebihan, kurang minum air mineral, kurang vitamin, kurang sayuran, anemia, merokok, hingga faktor genetik.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut beberapa cara yang bisa menjadi solusi menghilangkan kantong mata secara alami:

Air Dingin dan Sendok


Cara paling mudah menghilangkan kantung mata adalah mengkompres mata dengan lap atau kapas yang sudah direndam dengan air dingin. Kompres mata selama beberapa menit seraya beri tekanan lembut pada mata diyakini bisa mengurangi mata panda.

Bengkak atau kantong di mata juga dapat dapat dikurangi dengan bantuan segelas air es dan empat sendok makan dari besi. Dinginkan sendok dalam air es lalu letakkan satu sendok di setiap mata. 

Ganti sendok yang sudah tidak dingin dengan sendok baru yang sudah direndam dalam air es. Lakukan terus secara bergantian hingga terlihat perubahan pada mata. 

Kantung Teh Hijau

Kantung berisi teh hijau dinilai ampuh untuk mengurangi efek kantong mata. Kandungan flavonoid yang menjadi antioksidan dan tanin dalam teh hijau punya efek positif untuk mata bengkak. Kandungan tersebut juga dapat membantu menjaga kulit di sekitar mata agar tetap kencang.

Teh hijau juga mengandung kafein yang bisa melancarkan kembali pembuluh darah di sekitar mata dan akan menyamarkan lingkaran hitam yang muncul.

Sebelum dikompres ke mata, letakkan dua kantong teh hijau bekas pakai ke dalam kulkas selama 30 menit. Kemudian tempatkan kantong teh yang dingin di kelopak mata yang tertutup, tunggu selama lima belas hingga dua pulih menit, lakukan secara rutin kurang lebih dua kali sehari. 

Kentang 

Sama seperti teh hijau, irisan kentang bisa dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu. Kandungan pati dalam kentang yang dikombinasikan dengan rasa dingin dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah di bawah mata yang menyebabkan lingkaran hitam.

Cara lain, kita bisa mengupas kulit kentang dan iris-iris dengan ukuran kecil lalu parut sampai halus. Setelah itu, gunakan kain untuk memeras kentang hingga keluar air dan sari-sarinya. Kemudian diamkan dalam kulkas. Jika sudah dingin, celupkan dua buah kapas ke dalam air perasan tersebut. 

Letakkan dua buah kapas itu di kelopak mata selama dua puluh menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

Putih Telur

Telur mengandung protein dan kolagen. Kedua bahan ini banyak terkandung di dalam produk kecantikan kulit. Protein dan kolagen merupakan kombinasi bahan yang dapat melawan peradangan, garis, dan kerutan serta meningkatkan elastisitas kulit. Ini sangat cocok untuk merawat kantong mata yang sudah parah.

Kocok satu atau dua butir putih telur lalu oleskan di sekitar mata dengan tangan atau sikat lembut. Ini akan membuat area di sekitar dan di bawah mata terasa lebih kencang dan mengempis. Biarkan selama dua puluh menit lalu bilas dengan air dingin.

Susu Low Fat

Susu mengandung lactid acid yang sangat efektif untuk mencerahkan kulit, melembutkan sekaligus mampu mengurangi cairan yang membengkak di area bawah mata. Selain itu, susu juga efektif untuk mengencangkan kulit dan menghilangkan garis-garis keriput di mata.

Celupkan bola kapas ke dalam susu yang dingin lalu peras. Letakkan pada mata untuk membantu mengecilkan bengkak di bawah mata. Gunakan susu low fatkarena susu biasa mengandung lemak yang dapat diserap dengan mudah oleh kulit.

Ketimun

Ketimun adalah obat alat yang hebat untuk menghilangkan kantong di bawah mata. Ambil dua potong irisan ketimun segar yang disimpan dalam kulkas. Tempelkan di mata selama 25 menit. 

Nikmati kesejukan dari potongan ketimun yang ada di bawah mata dan jika memungkinkan sambil tiduran. Setelah bangun, efeknya tidak hanya menyejukkan mata tetapi juga pikiran. Kemampuannya sebagai anti peradangan dari kesejukan ketimun akan secara alami mengurangi jaringan yang bengkak.

Minyak Vitamin E

Ambil air dingin di mangkok, tambahkan beberapa tetes minyak vitamin E dan diaduk. Celupkan kapas pembersih telinga di campuran dan tempelkan di mata sekitar 20 menit. Cara ini sangat membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata. 

Rajin Minum Air Mineral

Minum sebanyak mungkin air mineral karena hidrasi mengurangi pembengkakan. Jadi, rajinlah minum segelas air jika sempat atau pada saat mata terasa mengantuk.(*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *